INTERFACING PC STANDARD PARALLEL PORT TO DST-51 MINIMUM SYSTEM

 

INTERFACING PC STANDARD PARALLEL PORT TO DST-51 MINIMUM SYSTEM

Dalam suatu sistem yang membutuhkan input data parallel dari PC dapat digunakan Parallel Port dengan Mode Standard untuk menjalankan proses tersebut

Aplikasi

Aplikasi dari interface ini dapat digunakan sebagai Wireless Printer dengan menambahkan Modul Infrared Transceiver seperti IR8510 untuk komunikasi menggunakan media infrared ataupun Modul FM Transceiver untuk komunikasi menggunakan media gelombang FM dan sebuah microcontroller untuk berhubungan dengan printer yang akan mencetak.

Inteface ini dapat juga digunakan untuk aplikasi pemakaian sebuah PC Parallel Port oleh beberapa buah printer sekaligus sehingga printer-printer tersebut akan mencetak data yang dikirimkan oleh PC secara bersamaan di tempat yang berjauhan (untuk FM Wireless Communication)

Deskripsi

Hubungan antara SPP dan DST-51 Minimum System

Karena Port 0 dan Port 2 dari DST-51 Minimum System digunakan untuk data dan pengalamatan memori eksternal maka digunakan Port C dari PPI 8255 yang terdapat dalam minimum system tersebut untuk  Auto Feed, Error, Ack dan Busy

Tabel Fungsi Pin-pin PC Parallel Port saat Mencetak Data

Nomor Pin

Nama Sinyal

Arah

DST51 pin

Fungsi

1

Strobe

Output

Int0

Pulsa Strobe menunjukkan bahwa data yang dikirimkan telah siap di Parallel Output Data

2

3

4

5

6

7

8

9

D0

D1

D2

D3

D4

D5

D6

D7

Output

P1.0

P1.1

P1.2

P1.3

P1.4

P1.5

P1.6

P1.7

Parallel Output Data

10

Acknowledge

Input

PC0

Sinyal Acknowledge diterima untuk menunjukkan bahwa Printer telah siap untuk menerima data

11

Busy

Input

PC1

Apabila sinyal busy yang berkondisi high timbul, maka hal ini menunjukkan bahwa printer belum siap untuk menerima data lebih lanjut

14

Autofeed – XT

Output

PC5

Digunakan untuk Auto Line Feed pada saat printer pertama kali direset.

Hanya digunakan pada PC XT

31

Init

Output

Int1

Sinyal ini akan mereset printer untuk melakukan proses inisialisasi

32

Error

Input

PC3

Pin ini akan menerima sinyal low yang menunjukkan adanya error pada printer

Pada sistem ini DST-51 berfungsi sebagai printer yang menerima data yang dikirimkan oleh PC Parallel Port dalam proses pencetakkan.

Seperti yang tampak pada timing diagram berikut ini, pertama data yang akan dikirimkan keluar melalui Parallel Output Data. Bila data tersebut sudah valid maka sesudah ts sinyal strobe akan muncul untuk memberitahu printer, dalam hal ini DST-51 bahwa data telah siap untuk diambil. Sinyal Busy akan segera muncul untuk menunjukkan bahwa printer sedang sibuk dan tidak dapat menerima data lagi. Sinyal ini akan terus memberikan kondisi sibuk hingga selama tsend dan dilanjutkan dengan sinyal Acknowledge yang menandakan printer telah siap untuk menerima data lebih lanjut.

 

Parameter

Min

Typ

Max

Units

 ts = t setup data

5

 

 uS

 tw = t strobe pulse width

5

 

 uS

 th = t hold data

5

 

 uS

 tsend = t for DST-51 to process the received data before get the next one

tsend is depend on DST-51

 tab = t from ack to busy signal

 

7

 uS

 tack = t ack pulse width

 

13

 uS

Software

Untuk melakukan proses pengambilan data pada PC SPP oleh DST-51 diperlukan sebuah program yang akan didownload di Memori Eksternal untuk melaksanakannya.

Berikut ini adalah flowchart untuk pengiriman data ke DST51 dan diteruskan ke serial port.  Pertama kali sistem diaktifkan maka dilakukan inisialisasi hardware yaitu terdiri dari Inisialisasi Serial Port dan PPI. Serial Port diinisialisasi sesuai dengan baudrate yang dibutuhkan. PPI 8255 diinisialisasi dengan Mode 0, di mana Port C Lower sebagai input dan Port C Upper sebagai output

Setelah proses inisialisasi selesai, maka program hanya menunggu sinyal strobe dari PC yang menandakan data sudah dapat diambil dari Parallel Output Data. Setelah sinyal strobe muncul maka 89C51 akan mengambil data parallel tersebut melalui Port1. Untuk memberitahu PC bahwa 89C51 sedang mengirimkan data yang diterimanya melalui serial port sehingga tidak dapat menerima data lebih lanjut maka sinyal busy dikirimkan ke PC hingga proses pengiriman data ke serial port selesai dan sinyal busy di clear.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: